rss

About Me

Foto Saya
ini blog pertamaku...pertama mengenal Blog saat aku mendapat mata kuliah Sistem Informasi Manajemen, pertamanya sih membosankan, biasa saja,tapi setelah lama klamaan akusangat tertarik dgn blogger ini,,jadi keterusan ampe skarang deh...hehe

اَللَّهُمَّ انْفَعَنِى بِمَا عَلَّمْتَنِى وَعَلِّمْنِى مَايَنْفَعُنِى وَارْزُقْنِى عِلْمًا يَنْفَعُنِى
“Ya Allah, jadikanlah aku berguna bagi masyarakat dengan ilmu yang Engkau berikan kepadaku dan ajarilah ilmu pengetahuan yang berguna untuk diriku

Rabu, 30 Juni 2010

Melacak Handphone / hp yang hilang karena di curi


Melacak barang eletronik yang hilang kini makin mudah. Tengok saja Roy Suryo ketika kehilangan sejumlah barang miliknya saat menumpangi bis ke Bali.
Metode pelacakan dilakukan oleh Roy yakni memanfaatkan beberapa teknologi identifikasi canggih, semisal Cellular-Networking-Hunting, Call-Data-Record-Information dan Comparation, Internet-Logging-Monitoring, Computer-Aided-Dactiloscopy, Telephony-Speech-Recorder serta Audio-Spectrum-Analyzer.
Barang milik Roy Suryo akhirnya ditemukan setelah melakukan negoisasi dengan si pencuri.Namun menemukan si pencuri ini tidak mudah sebab roy harus melakukan internet logging, dengan cara melacak alamat IP yang digunakan oleh si pencuri.
Terlepas dari rumitnya menemukan laptop Roy Suryo yang hilang, kini muncul aplikasi khusus untuk melacak keberadaan Ponsel atau perangkat elektronik Anda yang hilang. Sejauh ini ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan, mulai dari Anti Theft, (pernah dibahas pada tabloid news Ponsel edisi terdahulu), hingga phonebak mobile phone.
Pada dasarnya aplikasi ini memiliki fungsi dan system kerja yang tidak jauh berbeda, misalnya ketika Anda sudah menginstall aplikasi ini, maka kita diberikan setting yang nantinya berguna untuk menginformasikan keberadaan Ponsel. Informasi ini dikirimkan dari Ponsel Anda (menggunakan nomor pelaku ) ke nomor tujuan yang sudah ditentukan.
Sehingga saat pelaku mengganti simcard dengan simcard miliknya, maka Ponsel Anda secara otomatis mengirimkan sms (misalnya ke nomor Anda yang lain)
Sama persis dengan apa yang dialami roy suryo, yakni kita bisa melakukan negoisasi agar Ponsel tersebut kembali, pertimbangannya, mungkin data dalam Ponsel tersebut amatlah penting, sehingga Anda sangat menghendaki agar Ponsel tersebut bisa kembali. Silahkan download aplikasi ini versi trial di sini
Registrasi
Setelah melakukan instalasi, arahkan browser Ponsel atau laptop anda untuk melakukan registrasi di http://www.bak2u.com/activatePhonebak.php
Beberapa informasi diperlukan saat Anda melakukan registrasi, misalnya PIN, dan IMEI. Anda memerlukan IMEI ini untuk melakukan unlock.
Caranya:
Masukkan password 1234-> Saat aplikasi ini disetel enable, maka saat Ponsel dinyalakan (booting), maka secara otomatis akan memeriksa informasi pada simcard. Jika simcard yang dimasukkan oleh pencuri tidak dikenali, maka bisa dipastikan Ponsel akan mengirimkan dua buah SMS. Satu SMS ditujukan untuk Send1 dan satu lagi ditujukan untuk Send2.
Pengaturan send1 isikan dengan nomor lain (nomer ini fungsinya adalah untuk menerima pesan apabila SIM Card dari ponsel anda (yang diantisipasi jika nanti hilang) diganti dengan SIM Card yang lain.
Pengaturan send2 cara pengisiannya, hanya pada nomer yang dimasukkan, dapat diisi secara Internasional
Tekan ‘Save’ Untuk menyimpan semua setting.
Catatan :
Pada pilihan registrasi kode maka yang perlu anda lakukan adalah:
1. http://www.bak2u.com/activatePhonebak.php
2. Masukkan informasi yang diperlukan, termasuk mengisikan alamat lengkap, nomor telepon dan Negara tempat tinggal. Model Ponsel dan IMEI juga diperlukan.
Aktifkan PIN.
Klik Opsi ‘Activate’.
Unlock Key akan segera tampil.
3. Masukkan ‘Unlock Key” ke aplikasi-> pada pilihan register di tombol sebelah kiri.
Kompatibilitas :
Symbian OS versi 7.0 : Nokia 3230, 6260, 6600, 6620, 6670, 7610,
Panasonic X700, X800, Samsung SGH-D710, SGH-D720 dan SGH-D730.
Symbian OS versi 8.0 : Nokia 6630, 6680, 6681, 6682 dan Lenovo P930.
Symbian OS versi 8.1 : Nokia N70, N70(Musik Edition), N90 dan Samsung SGH-Z600,
Symbian OS versi 9.0 : Nokia E50, E60, E61/E61i, E62, E65, E70, N71, N73, N75, N76, N77, N80, N90, N91, N92, N93/93i, N95, 3250, 5500 Sport, 5700, 6110 Navigator, 6120, 6290.
Pada versi berbayar, aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa piranti dibawah ini.
Phone & PDA
BlackBerry New!
Sony Ericson
Mobile phone (Nokia, Lenovo, Panasonic, Samsung, LG)
PDA phone (Windows Mobile)
Mac
Apple Laptops & Desktops
iPhone & iTouch Coming Soon
Laptop
Windows OS Coming Soon
USB
Apple iPod
Digital Camera
External Hard Drive
Global Positioning System
PlayStation Portable
USB Flash Drive
Prinsip Kerja Bak2u
PhoneBak bekerja dengan cara membaca data pada SIMcard sehingga bila simcard dalam Ponsel itu diganti, maka secara otomatis mengirimkan SMS yang nomor yang dituju. Pengiriman SMS ini juga dilakukan tanpa sepengetahuan si pencuri. Dengan demikian, nomor Ponsel si pencuri akan ketahuan.Tidak cukup sampai disini, ketika aplikasi ini dijalankan, maka akan diminta mengisikan password, nah jika kata kunci yang diminta salah, selanjutnya aplikasi mengirim dua sms lagi.
Pesan yang dikirimkan berisi:
1. SIM card (IMSI- International Mobile Subscriber Identity),
2. Nomor model ponsel (IMEI- International Mobile Equipment Identity)
3. CellID (Kode BTS Celluler di sekitar Ponsel)
4. Kode Area GSM
refer—> http://www.newsponsel.com

Sabtu, 26 Juni 2010

software anti pornografi


Materi porn (porno) adalah salah satu masalah yang sangat besar pada zaman ini. Berbagai kerusakan yang sangat menyedihkan telah nampak dengan sangat jelas sebagai akibat dari materi porn (porno) ini. Pemerkosaan, pembunuhan, pencurian, dan sebagainya yang disebabkan rangsangan dari berbagai media porn (porno) material porno terus terjadi. Sudah sering kita dengar berita anak kecil memperkosa temannya, atau berita pemerkosaan yang disertai pembunuhan, atau lainnya, dan sebabnya : free sex (seks), dan porn (porno)!

Internet memiliki dua sisi, dan materi porn (porno)adalah salah satu sisi negatifnya. Internet, sebagai salah satu media bebas yang sangat mudah diakses, sangat memberi andil besar dalam penyebarannya. Berbagai materi berbahaya seperti gambar, film, video, cerita dan berbagai muatan berbau free sex (seks) dan porn (porno) telah merajalela.

Anda, teman Anda, anak-anak Anda, semua terancam bahaya. Jika tidak segera diatasi, minimal dicegah, tentunya akan terjadi kerusakan yang sangat parah.

Karenanya kita harus segera bertindak. Mari mulai dari sekarang kita membantu mencegah beredarnya materi porn (porno) di lingkungan kita, dengan cara :

download software nya disini >>klik link ini

Jumat, 25 Juni 2010

"Sungguh Saya Tidak Menang Lotere"


"Sungguh Saya Tidak Menang Lotere"
Saturday, 19 June 2010 18:17
E-mail Print PDF
Manusia memang rakus pada harta dunia, sekalipun harta itu belum dalam genggaman

Hidayatullah.com--Anda mungkin masih ingat cerita tentang seorang remaja Inggris, Stuart Donnelly, yang harus menderita karena terlalu banyak uang, setelah ia memenangkan lotere. Jika lupa silakan baca kembali feature kami sebelumnya Kaya Raya, Lalu Mati Muda.

Mimpi buruk menjadi orang kaya, baru-baru ini juga dialami oleh sepasang warga Inggris lainnya. Bedanya, pasangan ini tidak merasakan benar-benar jadi orang kaya.

Bulan Mei lalu akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi "BK", ketika pemenang lotere Euro Millions diumumkan. Saat itulah penderitaan pasangan asal Preston-Blackburn itu sebagai OKB (orang kaya baru) dimulai.

Gosip yang berkembang ketika itu, pemenang lotere adalah seorang warga asal Asia. Pemenang hadiah berhak untuk tidak mengungkapkan identitas pribadinya.

"Saya sedang bekerja di kantor, ketika menerima telepon pertama. Awalnya, saya menertawai dan tidak memikirkannya," cerita BK.

"Tapi kemudian, telepon, sms, email bertubi-tubi mulai berdatangan."

Menurut situs Euro Millions, pemenang berhak atas hadiah senilai 84.451.320,60 poundsterling, dari lotere yang diundi pada tanggal 14 Mei 2010. Hadiah itu menjadikan si pemenang sebagai orang terkaya ke-789 di Inggris, dengan kekayaan lebih banyak daripada aktor gaek Sean Connery (80 juta pound).

"Secara tiba-tiba kerabat yang lama tidak berhubungan, teman lama, temannya teman, dan bahkan orang yang asing sama sekali, berusaha menghubungi saya."

"Setiap orang tiba-tiba mengenang kembali hubungan yang pernah kami jalin di masa lampau. Tujuannya untuk mengklaim bahwa mereka juga 'berhak' dengan hadiah tersebut."

"Seorang teman, rekan kerja beberapa tahun lampau dan sekarang tinggal di China, dan seorang lainnya yang tinggal di Washington DC, juga menerima kabar burung itu. Kami tercengang dengan kecepatan dan luasnya jangkauan rumor semacam ini," kata BK terheran-heran.

Hanya keluarga dan teman dekat yang segera bisa memahami bahwa sesungguhnya BK tidak mendapatkan lotere itu.

Jenis permintaan dan tuntutan dari orang-orang yang tiba-tiba menghubunginya itu aneh dan tidak lazim.

"Kami menerima permintaan dibelikan motor baru, berlian, rumah kedua di Dubai, mobil sport, dan permintaan agar utang dan kredit rumah mereka dibayari. Bahkan ada ada yang minta gigi emas. Daftarnya tidak habis-habis."

Serunya, tidak hanya orang kere yang mendekat.

"Orang-orang kaya juga ikut meramaikan. Saya mendapat pengalaman lucu dan konyol, ketika rumah sahabat pada tengah malam digedor orang asing, yang meminta agar mereka diperkenalkan kepada saya, dan meminta agar kredit rumah atau utang-utangnya dibayari."

Pengalaman BK membuktikan, betapa manusia itu sangat materialistis dan egois.

"Satu hal yang paling penting adalah, mereka semua yang meminta uang atau barang, tidak meminta saya untuk memberikan bantuan atau sumbangan kepada orang miskin yang membutuhkan."

Ia juga sangat terkejut dengan sikap dari orang-orang yang mengatakan bahwa hadiah lotere itu haram.

"Salah seorang dari mereka menentang dirinya sendiri, di mana kalimat pembukanya mengatakan 'hadiah itu haram' dan saya harus mengembalikannya. Tapi kemudian mengatakan tidak apa-apa, jika digunakan untuk menyumbang sebuah sekolah Islam khusus putri."

"Seorang lainnya menelepon minta sumbangan pembangunan masjid baru di Bolton. Ketika akhirnya ia bisa memahami bahwa saya tidak memenangkan lotere itu, orang itu minta agar utang-utangnya dilunasi."

Pengalaman lucu lainnya, "Seorang tetangga menelepon pada suatu malam dan tidak mempercayai saya sama sekali. Butuh waktu yang sangat lama untuk membuatnya pergi, menunggu pengakuan yang sebenarnya."

"Seorang saudara jauh yang tinggal di Midlands mengklaim mereka punya bukti-bukti bahwa saya memenangkan lotere, menyebutkan bahwa identitas saya ada di koran London," kata BK.

"Percayalah, saya bolak-balik mencari di internet dan tidak menemukan informasi yang mengarah ke saya," ujarnya meyakinkan.

Setelah bosan, muak dan kesal dengan semua itu, akhirnya BK berhenti menjawab teleponnya sepekan kemudian. Tapi, masih saja ada orang yang berusaha dan berhasil menghubunginya.

Sekalipun pengalaman itu pahit, ada hikmah dan pelajaran yang bisa diambil.

"Apa yang saya pelajari mengenai orang-orang di pekan-pekan terakhir ini adalah, ada individu yang saya kelompokkan sebagai orang baik, keluarga dan teman. Mereka itulah 'orang-orang baik'."

"Dan mereka para 'penggosip', di luar mereka menampakkan kealiman yang palsu. Di dalam mereka penuh dengan iri, dengki dan menjalani hidup sebagai pengghibah."

"Nasihat saya kepada siapa saja yang menjadi pemenangnya, orang-orang yang termasuk sebagai keluarga dan teman akan tetap demikian. Santunilah orang-orang miskin, yang membutuhkan dan orang-orang yang bekerja keras di manapun Anda jumpai dan apapun ras dan agama mereka. Orang-orang yang ikhlas, tidak akan meminta balasan apapun," pesan BK, seorang yang disangka milyuner

Kamis, 24 Juni 2010

vista skin pack 5.0


Apakah anda mengunakan windows XP sebagai operating system komputer anda? pastinya anda sudah cukup lama bukan menggunakan XP, mungkin terbesit di dalam benak anda merasa bosan dengan tampilan Xp yang sekarang ini terbilang standar. Jika di bandingkan dengan windows vista maka tampilan Xp bisa di katakan jauh tertinggal. namun sekarang anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. anda tidak perlu mengganti OS menjadi vista untuk memiliki tampilan vista. Mungkin hal ini sudah kuno atau basi bagi berbagai kalangan, karena hal ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu di mana vista sudah mulai marak di bicarakan dan sudah muncul berbagai software agar tampilan XP berubah menjadi vista. Yang paling terkenal adalah Vista transformation pack. Namun Vista Transformation pack yang sekarang sudah mencapai versi ke 8 cukup berat bagi beberapa komputer dan cukup memakan source yang dapat membuat komputer anda berjalan lebih lambat.

Transformation Pack ke Vista paling baik dan ringan

xp vista dekstop merubah tampilan Xp menjadi Vistasaat banyak orang menggunaka vista transformation pack sebenarnya ada program sejenis yang sama fungsinya namun memiliki ukuran lebih kecil, lebih cepat, hemat source dan dapat di restore ulang ke tampilan sebelumnya dengan mudah. Selain itu software transformation ini dapat di install di XP SP1,2,3 dan windows 2003. yang berubah setelah menggunakan transformation ini adalah icon dan tampilan dari Xp berubah menjadi Vista. software ini sangat di rekomendasikan namanya adalah Vista Skin Pack 5.0 gratis dan free download, gambar tampilan XP setelah menggunkana Vista Skin Pack 5.0 bisa anda lihat di gambar di samping.
download di aplikasi terbaru sebelah kiri


Fitur Dari vista Skin Pack 5.0 adalah

* Supports Windows XP SP1, SP2, SP3, Media Center and 2003.
* Low system requirements, Works well on 500 Mhz CPU with 256 MB RAM.
* Easy Restore to original theme.
* Media Player 11 Multi Color Aero Interface, Aero Skin Pack
With Basic & Dark Themes.

Sabtu, 19 Juni 2010

Keuntungan dan Resiko Berinvestasi di Reksadana

Keuntungan dan Resiko Berinvestasi di Reksadana
Annang Mustofa Posted in Bisnis dan Investasi, Ekonomi dan Keuangan Tags: bisnis, info, investasi, lengkap, reksadana, terbaru 9 Comments »
Reksadana menurut Undang-Undang Pasar Modal tahun 95 adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.
Sehingga pada reksadana terdapat 3 unsur penting yang saling terkait satu sama lain, yaitu:
1. kumpulan dana masyarakat
Dengan melakukan pengumpulan dana dari para pemodalnya memungkinkan pemodal-pemodal yang memiliki dana yang minim dapat ikut andil berinvestasi dalam bentuk efek.
2. investasi dana dalam bentuk portofolio efek
Yang dimaksud dengan efek adalah surat berharga, seperti surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan, kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap turunan dari Efek, baik Efek yang bersifat utang maupun yang bersifat ekuitas, seperti opsi dan waran. Portofolio efek yang dikelola oleh reksa dana dapat berupa kumpulan dari beberapa jenis efek (tidak hanya sejenis).
3. dikelola oleh manajer investasi
Manajer investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, tidak termasuk perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Dengan demikian reksa dana memiliki kekuatan membeli yang jauh lebih besar dibandingkan jika investor berinvestasi sendiri.
Apa Keuntungan Berinvestasi di Reksa Dana ?
1. Diversifikasi Investasi Memperkecil Resiko
Reksa dana merupakan kekuatan investasi bersama. Hal ini dimungkinkan karena uang pemodal yang satu kemudian digabungkan dengan milik pemodal lainnya sehingga menciptakan kekuatan membeli yang jauh lebih besar dibandingkan jika seorang pemodal membeli sendiri.
Dengan besarnya jumlah modal yang telah digabungkan tersebut reksa dana dapat dengan mudah melakukan diversifikasi investasi.

Bayangkan jika Anda memiliki uang 1 juta rupiah dan hendak berinvestasi di pasar modal. Dengan sejumlah uang tersebut, akan sulit bagi anda untuk menanamkannya di berbagai jenis investasi pasar modal. Untuk dapat tetap melakukan diversifikasi investasi, maka Anda harus memiliki modal yang besar.
Keberadaan reksadana memungkinkan Anda untuk melakukan diversifikasi investasi karena reksadana terdiri dari kumpulan saham-saham, obligasi-obligasi atau sekurits lainnya yang dimiliki oleh sekelompok investor dan dikelola oleh perusahaan investasi profesional.
Memiliki beberapa jenis saham kemungkinan resikonya akan lebih kecil dibandingkan apabila Anda memiliki satu jenis saham. Sama halnya jika Anda memiliki berbagai obligasi dan berbagai saham, resiko yang akan ditanggung lebih kecil jika dibandingkan dengan memiliki beberapa saham saja.
Sebagai ilustrasi, Anda memiliki satu lot saham AAAA. Ketika harga saham AAAA turun, maka nilai investasi Anda akan turun. Berbeda jika Anda berinvestasi di saham AAAA, BBBB dan US $100. Ketika harga saham AAAA turun, saham BBBB dan kurs Dolar terhadap Rupiah naik, maka kerugian investasi Anda akan lebih kecil atau tidak ada karena turunnya harga AAAA dapat ditutupi oleh naiknya BBBB dan Dolar.
2. Kenyamanan Berinvestasi
Kemampuan investor kecil dalam memperoleh informasi pasar dan menganalisa pasar modal sangat terbatas. Reksa dana yang didukung oleh manajer investasi akan membantu investornya dalam memecahkan permasalahan tersebut.
Manajer investasi yang mengelola portofolio reksa dana mempunyai akses informasi pasar dari berbagai sumber sehingga mampu mengambil keputusan yang lebih akurat untuk kepentingan investasi investornya.
Dengan menempatkan modalnya di reksa dana berarti investor telah menyerahkan dananya tersebut untuk dikelola oleh profesional sehingga tidak perlu lagi berpikir sepanjang hari untuk memilih efek yang akan dijadikan portofolio investasinya.
Investor sebagai pemilik unit penyertaan reksa dana juga dapat memonitor perkembangan investasinya secara rutin dengan melihat Nilai Aktiva Bersih yang diumumkan melalui surat kabar setiap harinya.
3. Terjangkau
Reksa dana memberikan kesempatan kepada investor-investor kecil untuk dapat berinvestasi di pasar modal. Dengan jumlah dana yang relatif kecil (mulai dari Rp. 100.000,-) seseorang sudah dapat membuka rekening investasinya di reksa dana.
Investor sebagai pemilik unit penyertaan reksa dana dapat memonitor perkembangan investasinya secara rutin dengan melihat Nilai Aktiva Bersih yang diumumkan melalui surat kabar setiap harinya.

Resiko Berinvestasi di Reksa Dana
1. Resiko Berkurangnya Nilai Unit Penyertaan Reksa Dana
Walaupun produk reksa dana merupakan produk diversifikasi, tidak menutup kemungkinan bahwa nilai unit penyertaannya akan turun. Turun naiknya nilai unit penyertaan tidak terlepas dari kenaikan atau penurunan harga efek ekuitas dan/atau efek utang yang menjadi alat investasi reksa dana tersebut.
Sebagai ilustrasi, sebuah produk reksadana berinvestasi pada jenis obligasi dan saham. Ketika suku bunga naik akan menyebabkan harga obligasi turun, dan pada saat yang sama kinerja emiten ekuitas melemah menyebabkan harga saham pun turun. Maka nilai unit penyertaan pada produk reksa dana ini akan turun.
Selain itu, berkurangnya nilai unit penyertaan ini juga dapat disebabkan karena adanya biaya-biaya yang dikenakan oleh perusahaan reksa dana atas produknya. Ketika kegiatan investasi ini memperoleh hasil 0%, tetapi karena reksa dana menanggung beban seperti biaya manajemen, maka beban tersebut akan dikurangkan dari
2. Resiko Perubahan Ekonomi dan Politik
Perubahan ekonomi dan politik yang terjadi di suatu negara dapat mempengaruhi pandangan umum perusahaan-perusahaan di Indonesia termasuk yang tercatat di Bursa Efek Jakarta maupun Surabaya. Berubahnya pandangan umum tersebut dapat mempengaruhi likuiditas portofolio efek sehingga harga efek dapat turun ataupun naik.
Sebagai contoh, ketika Indonesia dilanda krisis moneter, kepercayaan investor asing terhadap keamanan berinvestasi di Indonesia mulai berkurang. Banyak investor asing yang menjual portofolio efeknya dan membawa hasil penjualannya ke luar negeri. Hal ini mengakibatkan harga efek di Indonesia menjadi turun sehingga mempengaruhi turunnya nilai aktiva bersih reksa dana.
3. Resiko Wanprestasi
Resiko wanprestasi ini dapat terjadi ketika pihak-pihak terkait pasar modal seperti emiten, bank kustodian, broker gagal memenuhi kewajibannya. Kegagalan ini dapat mempengaruhi nilai aktiva bersih reksa dana. Wanprestasi dapat terjadi akibat dari pihak-pihak yang terkait dengan reksa dana, misalnya pialang, bank kustodian, agen pembayaran, atau bencana alam, kebakaran serta kerusuhan, yang mungkin akan mempengaruhi penurunan NAB reksadana tersebut.
Sebagai contoh wanprestasi terjadi ketika perusahaan asuransi yang mengasuransikan kekayaan reksa dana tidak segera membayarkan ganti rugi atau membayar lebih rendah dari nilai pertanggungan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
4. Resiko yang Berhubungan dengan Peraturan
Reksa dana memiliki batasan-batasan yang dimaksud untuk melindungi investor tetapi mungkin batasan-batasan ini dapat menjadi batu sandungan bagi investor juga. Contoh batasan dengan tidak membolehkannya reksa dana membeli efek di luar negeri dan membeli efek yang diterbitkan oleh perusahaan melebihi 10% dari nilai aktiva reksa dana pada saat pembelian.
Batasan-batasan ini sangat dirasakan ketika pasar modal Indonesia turun tajam, pengelola reksa dana tidak dapat memindahkan dananya ke pasar modal luar negeri yang lebih bergairah. Pengelola reksa dana pun tidak dapat membeli saham lebih dari 10% NABnya bagaimanapun potensialnya saham tersebut.
5. Resiko Likuiditas Reksa Dana Terbuka
Resiko ini dapat terjadi ketika perusahaan reksa dana tidak memiliki dana tunai untuk membeli kembali unit penyertaan investornya.
Meminimalisir Resiko
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk meminimalisir resiko, jangan pernah lupa untuk membaca prospektus dan menganalisa resiko masing-masing jenis reksadana.
Sebuah perusahaan reksadana memperoleh dananya dengan menjual unit penyertaan kepada investor. Ketika investor menjual kembali unit penyertaannya sedangkan perusahaan reksa dana tidak dapat menjual portofolio investasinya dan tidak memiliki uang tunai, maka ia tidak dapat membeli unit penyertaan yang dijual investornya. Untuk mengatasi masalah tersebut, perusahaan reksa dana diijinkan untuk memperoleh pinjaman untuk melunasinya. Pinjaman yang diberikan biasanya dibatasi dan disesuaikan dengan keadaan perusahaan reksa dana tersebut. Apabila keadaan demikian terus berlangsung, maka proses penjualan kembali unit penyertaan oleh investor akan tertunda sampai memungkinkan.
Jenis Reksa Dana Berdasarkan Portofolio
Sesuai dengan Peraturan No. IV.C.3 tentang Pedoman Pengumuman Harian Nilai Aktiva Bersih reksa dana terbuka, reksa dana dibagi menjadi 4 jenis yang dikelompokan berdasarkan portofolionya, yaitu:
Pasar Uang
Risiko Paling Rendah
Tujuan Likuiditas dan mempertahankan nilai modal
Pendapatan Tetap
Risiko Rendah
Tujuan Pendapatan yang stabil
Saham
Risiko Tinggi
Tujuan Pertumbuhan harga saham/unit dalam jangka panjang
Campuran
Risiko Moderat
Tujuan Pertumbuhan harga dan pendapatan
Info lebih lengkap dan perkembangan terbaru mengenai reksadana dapat Anda lihat di invovesta.


ngan dan Risiko Investasi Saham

Saya seorang ibu rumah tangga. Dalam beberapa kali pertemuan dengan seorang teman, ia menyarankan saya untuk mencoba investasi di pasar modal dengan membeli saham. Yang ingin saya tanyakan apakah ada perlindungan bagi investor pemegang efek, apa keuntungan dan risiko berinvestasi di saham? Terima kasih

Apriyani_H@yahoo.com.sg

Di semua bursa berlaku prinsip 'good delivery'. Prinsip ini menyatakan bahwa setiap efek diperdagangkan haruslah efek-efek yang siap untuk diserahkan (good delivery). Prinsip yang sama berlaku juga terhadap penjual (dijaminkan akan mendapatkan hasil penjualannya) 'good fund'. Kegagalan pialang untuk melakukan 'good delivery' atau 'good fund' tidak akan terjadi karena transaksi telah dijaminkan kepada PT KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia) dan PT KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Pada dasarnya semua pilihan investasi mengandung peluang keuntungan di satu sisi dan potensi kerugian atau risiko di sisi lain. Seperti tabungan dan deposito di Bank memiliki risiko kecil karena tersimpam lama di bank, tetapi kelemahannya adalah keuntungan yang lebih kecil dibanding potensi keuntungan dari saham. Investasi di properti (rumah atau tanah) semakin lama harganya semakin tinggi, tetapi juga berisiko apabila tergusur atau terjadi kebakaran, sedangkan usaha sendiri (wiraswasta) berisiko bangkrut/ pailit sementara investasi di emas memiliki risiko harga turun. Khusus untuk saham, peluang keuntungan dan risiko yang mungkin timbul antara lain :

Keuntungan :

1. Capital gain
Yaitu keuntungan dari hasil jual beli saham. Misalnya sewaktu membeli nilainya Rp 2.000,- per saham dan kemudian dijual dengan harga Rp 2.500. Jadi selisih yang sebesar Rp 500 ini disebut capital gain.

Saham adalah surat berharga yang paling populer diantara surat berharga yang ada di pasar modal. Kenapa? Karena bila dibandingkan investasi lainnya, saham memungkinkan pemodal untuk mendapatkan return atau keuntungan yang lebih besar dalam waktu relatif singkat (high return).

Selain itu, saham juga memiliki sifat high risk yaitu suatu ketika harga saham dapat juga melorot secara cepat, atau sahamnya di delist (dihapuskan pencatatannya) dari bursa sehingga untuk jual beli harus mencari pembeli/ penjual sendiri dan saham tidak memiliki harga patokan pasar. Dengan karakteristik high risk high return ini maka pemodal perlu terus memantau pergerakan harga saham yang dipegangnya, agar keputusan yang tepat dapat dihasilkan dalam waktu yang tepat pula.

2. Dividen
Merupakan keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Biasanya tidak seluruh keuntungan perusahaan dibagikan kepada pemegang saham, tetapi ada bagian yang ditanam kembali. Besarnya dividen yang anda terima ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan tersebut.

Namun yang perlu dicatat adalah bahwa perusahaan tidak selalu membagikan dividen kepada para pemegang saham tetapi tergantung kepada kondisi perusahaan itu sendiri (Khususnya berkaitan dengan keuntungan yang diraih); artinya jika perusahaan mengalami kerugian tentu saja dividen tidak akan dibagikan pada tahun berjalan tersebut. Dividen bisa berupa dividen tunai atau dividen saham. Selain itu investor juga bisa mendapatkan keuntungan dari saham bonus (jika ada).

Risiko :

1. Capital loss
Merupakan kebalikan dari capital gain, yaitu suatu kondisi dimana Anda menjual saham yang Anda miliki dibawah harga belinya. Misalnya saham PT. ABC Anda beli dengan harga Rp 2.000 per saham, kemudian harga saham tersebut terus mengalami penurunan hingga mencapai Rp 1.400 per saham.

Karena takut harga saham tersebut akan terus turun, maka Anda kemudian menjual pada harga tersebut sehingga Anda mengalami kerugian sebesar Rp 600 per saham. Itulah capital loss yang menimpa Anda.

2. Risiko likuidasi
Perusahaan yang sahamnya dimiliki, dinyatakan bangkrut oleh Pengadilan, atau perusahaan tersebut dibubarkan. Dalam hal ini hak klaim dari pemegang saham mendapat prioritas terakhir setelah seluruh kewajiban perusahaan dapat dilunasi (dari hasil penjualan kekayaan perusahaan). Jika masih terdapat sisa dari hasil penjualan kekayaan perusahaan tersebut, maka sisa tersebut dibagi secara proporsional kepada seluruh pemegang saham.

Namun jika tidak terdapat sisa kekayaan perusahaan, maka pemegang saham tidak akan memperoleh apa-apa. Ini merupakan risiko yang terberat dari seorang pemegang saham. Untuk itu seorang pemegang saham dituntut untuk secara terus menerus mengikuti perkembangan dari perusahaan yang sahamnya dimiliki. tim BEJ

Kamis, 17 Juni 2010

Apakah yang diajar oleh Islam tentang penyaliban Isa (Yesus)?


Penyaliban Isa alMasih. Perbezaan yang utama
Pendirian Agama Kristian mengakui bahawa Yesus telah disalibkan, dibunuh, dan dikuburkan di persisran bandar Jerusalem setelah hidup selama tiga puluh tiga tahun lamanya pada bumi ini. Orang Kristian percaya akan wujudnya bukti, menurut sejarah serta menurut Kitab Injil tentang kejadian penyaliban, dan menganggap bahawa kejadian ini amat penting dari aspek teologi dengan membolehkan penebusan dosa bagi semua yang percaya akan kejadian tersebut.


This article is also available in English: What does Islam teach about the crucifixion of Isa al Masih (Jesus)? English Answer…
Umat Islam mempertikaikan fakta penyaliban Yesus, dengan bantahan bahawa Allah tidak mungkin membenarkan nabi-Nya dihina dengan kematian sedemikian. Umat Islam percaya bahawa Yesus diangkat ke syurga secara mukjizat dan orang lain (mungkin Yudas Iskariot )mengambil alih tempatnya pada salib , tanpa diketahui orang ramai.

Adakah perkara ini penting?
Kebenaran sejarah penyaliban Yesus merupakan sesuatu doktrin yang penting dalam Agama Kristian. Tanpa kejadian penyaliban kebangkitan Kristus tidak relevan lagi, dan tanpa kebangkitan Kristus Agama Kristian tidak bermakna lagi, dalam katalain I Korintus 15:14 "Jika Kristus tidak dibangkitkan daripada kematian, maka berita yang kami khabarkan dan kepercayaan kamu kepada Kristus sia-sia belaka."

Adakah Al-Quran benar-benar menafikan penyaliban Kristus?
Mungkinkah masalah ini cuma salah faham? Surah 4:157-158 mengatakan: "Maka mereka bercakap besar, mengatakan, 'Kami telah membunuh Yesus Kristus anak Maria, Rasul Allah'—tetapi mereka tidak membunuhnya atau menyalibkannya, namun seperti inilah yang dianggap oleh mereka, dan sesiapa yang mempertikaikan perkara ini penuh ragu-ragu, tanpa pengetahuan yang nyata, tetapi hanya mengikut pendapat sahaja, kerana merupakan satu kepastian bahawa mereka tidak membunhnya—tidak, Allah membangkitkannya kepada diri-Nya." Jikalau “mereka” bermaksud pihak Yahudi (sesuatu yang agak ketara), maka Al-Quran benar dalam mengatakan bahawa orang Yahudi bukanlah pihak yang menyalibkan Yesus (rujuklah kepada Yohanes 18:31 )-- sebenarnya orang Rom yang melakukannya. Mungkinkah punca konflik ini sebenarnya akibat pentafsiran Al-Quran yang kurang tepat?

Mengapakah Yesus, sebagai Rasul Allah selalu meramalkan penyalibannya?
Matius 17:22-23 mengatakan "Apabila semua pengikut Yesus bekumpul di Galilea , Yesus berkata kepada mereka, 'Tidak lama lagi Anak Manusia akan diserahkan ke dalam kekuasaan manusia. Dia akan dibunuh, tetapi pada hari ketiga, Dia akan dibangkitkan semula.' Oleh itu pengikut-pengikut-Nya berdukacita." Pertimbangkan juga Markus 9:31 ; Lukas 9:22 ; Yohanes 12:32-33 . Yesus berulang-ulang kali menitikberatkan perkara ini. Mengapa?

Bukankah Al-Quran dan Kitab Injil bersependapat tentang kematian Yesus?
Surah 3:54 mengatakan: "Apabila Allah berkata: 'O Yesus, Aku akan menyebabkanmu mati dan meninggikanmu dalam kuasa-Ku serta menghapuskan semua yang masih sangsi…" Ini bersetuju dengan Filipi 2:8-10 yang mengatakan: "Dia (Yesus)merendahkan diri dan hidup dengan taat kepada Allah sehingga mati- iaitu mati di atas salib. Itulah sebabnya Allah meninggikannya setinggi-tingginya dan mengurniai Dia kedudukan yang lebih tinggi daripada semua kedudukan yang lain. Oleh itu, untuk menghormati Yesus, semua makhluk di syurga, dan di bumi, dan di bawah bumi akan sujud menyembah Dia.

Sanggupkah Allah sengaja mengabui mata seluruh dunia?
Adalah bercanggah dengan doktrin Islam tentang pekerti Allah untuk menegaskan bahawa Allah sama ada memerlukan atau berhasrat menggunakan tipu muslihat secara besar-besaran untuk menyelamatkan Isa (Yesus).

Soalan yang berkaitan:

klik sini.Apakah yang Al-Quran mengatakan tentang Isa al-Masih (Yesus)? Jawapan

klik sini.Apa itu penyaliban? Jawapan

kliksini.Adakah kebangkitan hanya sesuatu lagenda? Jawapan…

kliksini.Kebangkitan - Adakah Kristus benar-benarbangkit dari kubur? Jawapan…

kliksini.Mungkinkah mayat Kristus diseludup? Jawapan…

klik sini.Adakah kebanyakan umat Islam merupakan pengganas? Jawapan

kliksini.Adakah Yesus Kristus jawapannya? Jawapan

kliksini.Bagaimanakah dapat saya memastikankeselamatkan saya? Jawapan

kliksini.Bagi lebih memahami hasrat Tuhan demi keselamatan kita - Bacalah Cerita Allah untuk memahami siapa itu Allah, kedudukan manusia, apa itu dosa, hasrat Allah dan sebagainya - Pergi…


[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]
Diterjemahkan oleh: Darren Ong

Penulis asal: Daryl E. Witmer daripada Institut AIIA.
Hak Cipta © 2001, Institut AIIA, Semua hak dilindungi - kecuali seperti yang tercantum pada halaman “Usage and Copyright” yang memberi pengguna ChristianAnswers.Net hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan mereka di rumah, kesaksian peribadi, gereja dan sekolah.

Rabu, 16 Juni 2010

2012 ...lagi.......benarkah itu??


Berdasarkan konsensus ahli, badai matahari mencapai klimaks dan paling ganas pada akhir 2012 atau awal 2013. Jika tak siap, kita bisa hidup di masa 'kegelapan'.

National Academy of Sciences AS memperingatkan, jaringan listrik sangat serius rentan terhadap ledakan yang berasal dari matahari.

Berdasarkan konsensus ilmiah dari banyak ahli ledakan itu akan mencapai klimaks dan paling ganas pada akhir 2012 atau awal 2013.

National Academy of Sciences (NAS) yang didirikan oleh Abraham Lincoln saat Perang Sipil itu seperti Mahkamah Agung dalam memberikan pendapat ilmiah di AS juga di seluruh dunia.

Mereka mengeluarkan pendapat untuk di AS saja sebanyak 130 juta orang terpaksa akan tanpa listrik selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, jika terkena ledakan besar dikenal sebagai coronal mass ejection (CME), dari matahari.

Efek dari ketiadaan listrik, dalam beberapa jam distribusi air minum akan terhenti, makanan yang mudah rusak dan obat akan hilang dalam 12-24 jam, layanan telepon, transportasi, pasokan bahan bakar dan lainnya juga terganggu.

Listrik itu mungkin perlu berbulan-bulan untuk perbaikan, sehingga layanan darurat, perbankan, bursa saham bahkan komando dan kontrol militer dan penegakan hukum tidak beroperasi.

Selama 150 tahun terakhir bumi setidaknya telah terkena dua kali CME, yakni peristiwa Carrington di 1859 dan Great Magnetik Storm tahun 1921 yang cukup kuat untuk menghancurkan kehidupan kita pada saat ini, jika ledakan serupa memukul bumi pada hari ini.

Ledakan tidak menyebabkan masalah nyata di masa lalu karena tidak ada jaringan listrik. Bahkan pada tahun 1921, kota-kota yang memiliki generator hanya berukuran sangat kecil dan tidak seperti megavoltase pada saat ini.

Jika CME mengguncang permukaan bumi, beberapa akan muncul kembali dari tanah dan memutus sekering dari gulungan tembaga transformator yang menghubungkan pembangkit listrik satu dengan yang lain.

Masalah ini tidak dapat dibenahi di lokasi, dan biasanya perlu diganti total. Sementara tidak ada yang memproduksi transformator seperti di Amerika Serikat dan di pasar dunia harus menunggu 1-3 tahun.

Beberapa ilmuwan mengatakan untuk tidak perlu khawatir, aktivitas matahari begitu rendah hari ini yang bisa klimaks pada 2012-2013.

Dan biasanya, medan magnet bumi melindungi kita dari ledakan matahari, seperti saat dampak CME raksasa 1859 atau 1921.

Tetapi perisai bumi itu telah menurun. Pada pertengahan Desember 2008, Themis, satu skuadron lima satelit penelitian NASA menemukan sebuah lubang, luar biasa besar dari kutub ke khatulistiwa.

“Ketika saya memberitahu rekan-rekan saya, seolah-olah aku mencoba meyakinkan mereka bahwa matahari terbit dari barat ... Ini benar-benar membalikkan pemahaman kita. Itu dapat mengakibatkan badai magnetik kuat dari yang kita lihat bertahun-tahun,” kata ilmuwan proyek Themis David Sibeck dari Pusat Penerbangan Ruang Angkasa.

Badai matahri bukan lelucon dan itu keadaan darurat tapi dapat dipecahkan. Surge suppressors yang ditempatkan di antara tanah dan transformator dapat menjaga grid dari kebakaran.

Pemasangan hanya perlu dua atau tiga tahun dan tidak memerlukan kemajuan teknologi dramatis, hanya beberapa ratus surge suppressors seukuran mesin cuci ditempatkan di seluruh grid. Biaya diperkirakan mencapai US$ 300 juta hingga US$ 500 juta untuk seluruh wilayah AS.

Hambatan terbesar adalah kurangnya kemauan politik. Selain itu jaringan listrik yang tumbuh sembarangan dan tambal sulam. [inilah.com]

2012 menjadi banyak pertanyaan di tahun itu....


Ramalan Maya menyebutkan bahwa manusia akan mengalami peningkatan dimensi pada 2012, kita akan ditransformasikan ke Galaksi Pleiades, dan Galaksi Pleiades itu merupakan bintang yang terletak pada alam dimensi 4 ke atas.

Di samping itu, mengenai 2012 ini juga ada penuturan lain yakni Sabuk Photon. Dalam susunan tata surya kita ini, setiap 20.000 tahun akan memasuki Sabuk Photon energi tinggi. Pada 16 Maret 1987 lalu Bumi melintasi Sabuk Photon ini dan meninggalkannya setelah 7 hari; begitulah setiap tahunnya, bumi akan kembali melintasi Sabuk Photon dengan pertambahan 14 hari sebelum meninggalkannya. Tahun 1988 diperlukan waktu 21 hari untuk melalui Sabuk Photon, tahun 1996 memakan waktu 133 hari, tahun 1997 memakan waktu 147 hari, tahun 2000 menghabiskan waktu 189 hari. Pada 21 Desember 2012 nanti, keseluruhan tata surya kita akan sepenuhnya masuk di dalam Sabuk Photon ini.

Di dalam alam semesta yang luas ini terdapat Sabuk Photon yang tak terhitung banyaknya, sementara yang akan dimasuki oleh tata surya kita ini adalah Sabuk Photon pada Galaksi Pleiades. Sabuk Photon ini berporos pada bintang Alcyone yang berada di dalam Galaksi Pleiades. Hingga saat ini sudah ada 6 galaksi yang telah memasuki Galaksi Pleiades sementara planet Pleiades lainnya juga mulai perlahan memasuki Galaksi dengan bentuk gerakan spiral. Yang paling dekat dengan Alcyone adalah bintang Morobei, diikuti Maya, serta 4 bintang lainnya dan tata surya kita yang juga akan segera masuk.
Energi spiritual manusia tentukan nasib bumi

Badan di mana Alcyone eksis berada pada ruang dimensi ke-5, segala sesuatu yang semakin jauh darinya dimensinya semakin kecil, namun jika masuk ke dalam galaksi ini, sedikitnya akan menempati ruang dimensi ke-4. Dengan kata lain, tata surya kita akan segera memasuki ruang dimensi ke-4, atau bisa dikatakan, bumi kita akan segera memasuki ruang dimensi ke-4.

Tentu saja bintang Alcyone tidak akan terus menetap pada ruang dimensi ke-5 saja, ia juga akan ditransformasikan ke ruang dimensi ke-6, pada saat bintang Alcyone berpindah ke ruang dimensi ke-6, maka galaksi lainnya juga akan ditransformasikan ke ruang dimensi ke-7. Inilah yang dinamakan evolusi galaksi.

Bumi yang akan memasuki medan energi ruang dimensi ke-4 berasal dari evolusi spiritual manusia bumi. Pandangan ini tepat seperti yang disebut dalam “Yi Jing” China kuno yakni konsep “spiritual dan materi adalah satu elemen” yang merupakan prinsip bahwa pikiran dan materi adalah satu tubuh yang terdiri dari dua sisi.

Namun teori seperti ini bertentangan dengan teori evolusi Darwin, sebab bukan lingkungan yang menyebabkan evolusi manusia, melainkan evolusi spiritual manusia yang menentukan perubahan segenap lingkungan di sekitarnya. Apa yang disebut dengan hipotesa survival of the fittest (yang kuat yang akan bertahan hidup) sama sekali tidak sesuai dengan evolusi spiritual, juga tidak sesuai dengan evolusi galaksi.

Sedangkan mengenai apakah planet bumi dapat memasuki ruang dimensi ke-4 dengan aman, hal ini sama sekali tidak dapat diprediksi oleh siapa pun, sebab semuanya tergantung pada keseluruhan umat manusia di bumi. Jika energi spiritual manusia pada 2012 belum mengalami peningkatan, maka bumi tidak akan mampu memasuki ruang dimensi ke-4, sehingga akan keluar dari orbitnya yang akan menyebabkan ledakan, dan seluruh umat manusia di alam semesta akan lenyap.
Konsep ruang dimensi

Apakah konsep dimensi itu? Jika kita perumpamakan dengan semut, semut hanya dapat melihat benda 2 dimensi, yakni konsep bidang datar. Bagi semut sendiri, merayap di tanah atau di dinding atau di langit-langit sama saja, sama-sama merayap. Mereka tidak mempunyai konsep 3 dimensi.

Sementara manusia sendiri hidup pada ruang dimensi ke-3, oleh karena itu semut sama sekali tidak mampu melihat keseluruhan dari manusia, hanya terlihat perubahan bayangan yang tidak tentu karena pengaruh cahaya saja, keberadaan manusia bagi semut adalah suatu misteri. Pada saat manusia menuangkan segelas air pada sekawanan semut, mereka akan mengira telah terjadi bencana alam.

Sama halnya dengan kita manusia juga tidak dapat melihat keadaan yang sebenarnya di alam dengan dimensi yang majemuk, apakah manusia yang hidup di ruang dimensi ke-4 pada saat melihat kita sama seperti pada saat kita melihat kawanan semut? Dan pada saat kita meningkat ke ruang dimensi ke-4 mungkin akan didapati, bahwa pengetahuan kita, ilmu kita, dan segala sesuatu yang kita ketahui ternyata sangat terbatas.

Semut di alam 2 dimensi tidak memiliki konsep di alam 3 dimensi, sebab dimensi yang lebih rendah tidak mampu membayangkan keberadaan dimensi yang lebih tinggi, hal ini ada hubungannya dengan struktur mata. Karena semut tidak sama dengan hewan maupun serangga lainnya, semut tidak ada istilah terbang tinggi atau rendah atau berdiri atau berjongkok. Oleh karena itu melihat dunia dari sudut pandang mereka akan selamanya terlihat garis horizontal, kemana pun mereka pergi hanyalah sebatas garis horizontal, meskipun memanjat pohon, merayap di dinding maupun pada langit-langit, tetap saja garis horizontal.

Jika seandainya mereka terjatuh, jika dikatakan jatuh bebas dari suatu ketinggian, mungkin bagi mereka adalah mati lalu kemudian terlahir kembali! Jika Anda menangkap seekor semut, rekan-rekannya akan mengira ia menghilang. Kesimpulannya, di dalam dunia mereka hanya ada titik dan garis, dan tidak ada bidang.

Para biologis konvensional membedakan makhluk hidup menjadi hewan dan tumbuhan. Hewan dapat bergerak, tumbuhan hanya dapat bergoyang sedikit kecuali bunga putri malu jika disentuh namun tidak bergerak dan tidak ada gerakan. Oleh karena itu kita dapat mengatakan bahwa hewan memiliki satu dimensi lebih banyak dari tumbuhan, dan kelebihan satu dimensi inilah yang menjadi kategori penelitian perilaku hewan. Dan kita sebagai manusia bukankah juga terkungkung dalam batasan ruang tiga dimensi saja?
Gambar-2: Hetu Loushu dan abjad “Wan” (=swastika). (THE EPOCH TIMES)
“Sepuluh Penjuru Dunia” menurut Hetu Loushu

Konsep pemahaman alam dimensi nenek moyang kita jauh lebih maju daripada teknologi masa kini. Pada masa itu mereka telah memiliki konsep multi ruang dimensi, jika 6 unsur utama dalam Hetu (air, api, kayu, logam, tanah) digabungkan dengan angka dalam Loushu, maka akan terbentuk abjad Wan (= swastika) pada aliran Buddha. (gambar 1)

Lalu angka ganjil sebagai YANG, dan angka genap sebagai YIN, hawa energi YANG naik ke langit (diletakkan di bagian atas gambar), sementara hawa energi YIN ke bawah sebagai bumi (diletakkan di bagian bawah gambar), lalu angka ganjil sebagai YANG terletak di atas, dan angka genap sebagai YIN di bawah, maka dapat digambarkan terletak sebuah gambar 3 ruang dimensi, 5 unsur yang terbagi atas logam (putih), kayu (hijau), air (hitam), api (merah), tanah (kuning), yang juga melambangkan “arah” yakni kayu (timur), logam (barat), api (selatan), air (utara), tanah (pusat). Sementara “ruang dimensi” yakni 4 penjuru dan 8 arah mata angin ditambah lagi dengan atas dan bawah, persis seperti konsep 10 penjuru dunia yang dikenal dalam aliran Buddha. Dan 10 Penjuru dunia ini eksis secara tiga dimensi, dan semua ini juga terkandung di dalam tanah pusat, atau dengan kata lain semua materi terbentuk dari tanah. (gambar 2)

Menurut legenda China, Dewi Nuwa menciptakan manusia dari tanah, kepercayaan Barat mengatakan bahwa Tuhan menciptakan manusia dari tanah, yang seharusnya merupakan materi yang sama. Lalu apakah materi tersebut? Itu adalah molekul yang tersebar di seluruh ruang dimensi kita ini. (Jian Shuhui/The Epoch Times/lie)
Sumber : erabaru.net

Selasa, 15 Juni 2010

SEJARAH ISLAM DI INDONESIA

Pada tahun 30 Hijri atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri. Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah.

Lambat laun penduduk pribumi mulai memeluk Islam meskipun belum secara besar-besaran. Aceh, daerah paling barat dari Kepulauan Nusantara, adalah yang pertama sekali menerima agama Islam. Bahkan di Acehlah kerajaan Islam pertama di Indonesia berdiri, yakni Pasai. Berita dari Marcopolo menyebutkan bahwa pada saat persinggahannya di Pasai tahun 692 H / 1292 M, telah banyak orang Arab yang menyebarkan Islam. Begitu pula berita dari Ibnu Battuthah, pengembara Muslim dari Maghribi., yang ketika singgah di Aceh tahun 746 H / 1345 M menuliskan bahwa di Aceh telah tersebar mazhab Syafi'i. Adapun peninggalan tertua dari kaum Muslimin yang ditemukan di Indonesia terdapat di Gresik, Jawa Timur. Berupa komplek makam Islam, yang salah satu diantaranya adalah makam seorang Muslimah bernama Fathimah binti Maimun. Pada makamnya tertulis angka tahun 475 H / 1082 M, yaitu pada jaman Kerajaan Singasari. Diperkirakan makam-makam ini bukan dari penduduk asli, melainkan makam para pedagang Arab.

Sampai dengan abad ke-8 H / 14 M, belum ada pengislaman penduduk pribumi Nusantara secara besar-besaran. Baru pada abad ke-9 H / 14 M, penduduk pribumi memeluk Islam secara massal. Para pakar sejarah berpendapat bahwa masuk Islamnya penduduk Nusantara secara besar-besaran pada abad tersebut disebabkan saat itu kaum Muslimin sudah memiliki kekuatan politik yang berarti. Yaitu ditandai dengan berdirinya beberapa kerajaan bercorak Islam seperti Kerajaan Aceh Darussalam, Malaka, Demak, Cirebon, serta Ternate. Para penguasa kerajaan-kerajaan ini berdarah campuran, keturunan raja-raja pribumi pra Islam dan para pendatang Arab. Pesatnya Islamisasi pada abad ke-14 dan 15 M antara lain juga disebabkan oleh surutnya kekuatan dan pengaruh kerajaan-kerajaan Hindu / Budha di Nusantara seperti Majapahit, Sriwijaya dan Sunda. Thomas Arnold dalam The Preaching of Islam mengatakan bahwa kedatangan Islam bukanlah sebagai penakluk seperti halnya bangsa Portugis dan Spanyol. Islam datang ke Asia Tenggara dengan jalan damai, tidak dengan pedang, tidak dengan merebut kekuasaan politik. Islam masuk ke Nusantara dengan cara yang benar-benar menunjukkannya sebagai rahmatan lil'alamin.

Dengan masuk Islamnya penduduk pribumi Nusantara dan terbentuknya pemerintahan-pemerintahan Islam di berbagai daerah kepulauan ini, perdagangan dengan kaum Muslimin dari pusat dunia Islam menjadi semakin erat. Orang Arab yang bermigrasi ke Nusantara juga semakin banyak. Yang terbesar diantaranya adalah berasal dari Hadramaut, Yaman. Dalam Tarikh Hadramaut, migrasi ini bahkan dikatakan sebagai yang terbesar sepanjang sejarah Hadramaut. Namun setelah bangsa-bangsa Eropa Nasrani berdatangan dan dengan rakusnya menguasai daerah-demi daerah di Nusantara, hubungan dengan pusat dunia Islam seakan terputus. Terutama di abad ke 17 dan 18 Masehi. Penyebabnya, selain karena kaum Muslimin Nusantara disibukkan oleh perlawanan menentang penjajahan, juga karena berbagai peraturan yang diciptakan oleh kaum kolonialis. Setiap kali para penjajah - terutama Belanda - menundukkan kerajaan Islam di Nusantara, mereka pasti menyodorkan perjanjian yang isinya melarang kerajaan tersebut berhubungan dagang dengan dunia luar kecuali melalui mereka. Maka terputuslah hubungan ummat Islam Nusantara dengan ummat Islam dari bangsa-bangsa lain yang telah terjalin beratus-ratus tahun. Keinginan kaum kolonialis untuk menjauhkan ummat Islam Nusantara dengan akarnya, juga terlihat dari kebijakan mereka yang mempersulit pembauran antara orang Arab dengan pribumi.

Semenjak awal datangnya bangsa Eropa pada akhir abad ke-15 Masehi ke kepulauan subur makmur ini, memang sudah terlihat sifat rakus mereka untuk menguasai. Apalagi mereka mendapati kenyataan bahwa penduduk kepulauan ini telah memeluk Islam, agama seteru mereka, sehingga semangat Perang Salib pun selalu dibawa-bawa setiap kali mereka menundukkan suatu daerah. Dalam memerangi Islam mereka bekerja sama dengan kerajaan-kerajaan pribumi yang masih menganut Hindu / Budha. Satu contoh, untuk memutuskan jalur pelayaran kaum Muslimin, maka setelah menguasai Malaka pada tahun 1511, Portugis menjalin kerjasama dengan Kerajaan Sunda Pajajaran untuk membangun sebuah pangkalan di Sunda Kelapa. Namun maksud Portugis ini gagal total setelah pasukan gabungan Islam dari sepanjang pesisir utara Pulau Jawa bahu membahu menggempur mereka pada tahun 1527 M. Pertempuran besar yang bersejarah ini dipimpin oleh seorang putra Aceh berdarah Arab Gujarat, yaitu Fadhilah Khan Al-Pasai, yang lebih terkenal dengan gelarnya, Fathahillah. Sebelum menjadi orang penting di tiga kerajaan Islam Jawa, yakni Demak, Cirebon dan Banten, Fathahillah sempat berguru di Makkah. Bahkan ikut mempertahankan Makkah dari serbuan Turki Utsmani.

Kedatangan kaum kolonialis di satu sisi telah membangkitkan semangat jihad kaum muslimin Nusantara, namun di sisi lain membuat pendalaman akidah Islam tidak merata. Hanya kalangan pesantren (madrasah) saja yang mendalami keislaman, itupun biasanya terbatas pada mazhab Syafi'i. Sedangkan pada kaum Muslimin kebanyakan, terjadi percampuran akidah dengan tradisi pra Islam. Kalangan priyayi yang dekat dengan Belanda malah sudah terjangkiti gaya hidup Eropa. Kondisi seperti ini setidaknya masih terjadi hingga sekarang. Terlepas dari hal ini, ulama-ulama Nusantara adalah orang-orang yang gigih menentang penjajahan. Meskipun banyak diantara mereka yang berasal dari kalangan tarekat, namun justru kalangan tarekat inilah yang sering bangkit melawan penjajah. Dan meski pada akhirnya setiap perlawanan ini berhasil ditumpas dengan taktik licik, namun sejarah telah mencatat jutaan syuhada Nusantara yang gugur pada berbagai pertempuran melawan Belanda. Sejak perlawanan kerajaan-kerajaan Islam di abad 16 dan 17 seperti Malaka (Malaysia), Sulu (Filipina), Pasai, Banten, Sunda Kelapa, Makassar, Ternate, hingga perlawanan para ulama di abad 18 seperti Perang Cirebon (Bagus rangin), Perang Jawa (Diponegoro), Perang Padri (Imam Bonjol), dan Perang Aceh (Teuku Umar).

(Bersambung)

Senin, 14 Juni 2010

“Leasing (Sewa Guna Usaha) Sebagai Salah Satu Alternatif Penyediaan Modal Perusahaan”

“Leasing (Sewa Guna Usaha)
Sebagai Salah Satu Alternatif Penyediaan Modal Perusahaan”

Pendahuluan
Dalam perkembangan ekonomi yang semakin pesat pada dewasa ini menuntut setiap badan usaha yang bergerak dalam sektor perekonomian untuk dapat mengantisipasi semua perubahan yang banyak terjadi. Dan salah satu kendala yang mungkin terjadi pada perusahaan yang akan melakukan pengembangan usahanya adalah saat perusahaan tersebut memerlukan tambahan investasi baru. Misalnya saja dengan pengadaan barang-barang modal.

Pengadaan barang-barang modal perusahaan ini tentunya membutuhkan dana yang relatif besar. Jarang ada perusahaan yang menyediakan dana dari dalam perusahaan sendiri untuk mendapatkan barang-barang modal tersebut. Dan untuk menyediakan barang-barang modal yang dibutuhkan, perusahaan mempunyai beberapa alternatif pilihan yang biasa digunakan, antara lain adalah sebagai berikut:
• Membeli dengan dana yang tersedia (modal sendiri).
• Membeli dengan fasilitas kredit bank.
• Membiayai dengan cara leasing.

Untuk pembiayaan dengan dana sendiri seringkali terbentur pada masalah keterbatasan dana perusahaan yang tersedia. Dengan demikian pula apabila perusahaan menggunakan fasilitas kredit dari bank dimana perusahan biasanya terbentur pada prosedur yang rumit dari pihak perbankan dan juga adanya pembatasan jumlah kredit yang diperoleh yang bisanya dikenal dengan sebutan 3L yaitu: Legal, Limit dan Lending. Oleh karena itu, pembiayaan secara leasing merupakan alternatif yang sangat tepat dan menguntungkan bagi perusahaan.

Namun dalam perkembangannya, kegiatan leasing seringkali dihadapkan pada suatu permasalahan yang berkaitan dengan masalah tentang terminasi atau pemutusan terhadap perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. Ada tiga hal yang menyebabkan terjadinya terminasi dalam transaksi leasing, yaitu:
• Force Majeur adalah terputusnya transaksi leasing, seperti misalnya karena kebakaran, bencana alam dan lain-lain.
• Default adalah terputusnya transaksi leasing karena lesee tidak dapat memenuhi pembayaran lease payment serta kewajiban lainnya sehingga kontrak finance lease berakhir lebih cepat.
• Sebab ekonomis, maksudnya adalah apabila lessee mengakhiri masa lease sebelum waktunya karena pertimbangan ekonomis semata dengan membayar sekaligus kewajiban yang tersisa.




Pembahasan
Leasing adalah perjanjian kontrak antara pihak yang menyewakan (lessor) dengan pihak yang menyewa asset tertentu (lessee). Perjanjian menetapkan bahwa penyewa mempunyai hak untuk menggunakan asset tertentu, kemudian sebagai imbalannya, penyewa membayar sejumlah kas tertentu yang tetap setiap periodenya kepada pihak yang menyewakan.

Secara garis besar,teknik pembiayaan leasing dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu: Operating lease adalah jenis leasing yang umumnya digunakan dan biasanya memiliki jangka waktu pendek. Dalam suatu operating lease, lessee (penyewa) dapat hak untuk menggunakan asset selama periode waktu tertentu dan pada akhir kesepakatan lessee dapat memiliki opsi yaitu membeli produk yang menjadi objek leasing tersebut. Keuntungannya, dengan leasing maka lessee dapat memperoleh peralatan tersebut tanpa membeli dengan harga full. Berikut adalah ciri - ciri sistem penyewaan operasional:
- perusahaan leasing sebagai pemilik asset.
- Penyewa secara berkala membayar kepada lessor sejumlah tertentu tapi tidak seluruh biaya/ nilai perolehan atas objek leasing.
- Perusahaan leasing menanggung resiko ekonomis dan pemeliharaan objek leasing.
- Penyewa harus mengembalikan objek leasing pada akhir periode.
- Penyewa dapat membatalkan kontrak leasing sebelum akhir periode.
- Jangka waktu leasing umumnya lebih pendek dari umur ekonomis objek leasing.

Capital Lease terdiri dari dua jenis yaitu Direct Financial Lease dan Sale and Lease Back. Direct financial lease adalah bentuk penyewa sekaligus me-leasing-kan barang tersebut kepada penyewa yang bersangkutan. Spesifikasi, harga dan supplier objek leasing ditentukan lessee dengan tujuan untuk memperoleh barang sesuai dengan yang dibutuhkan. Sementara itu sale and lease back adalah leasing dimana seseorang atau perusahaan mempunyai asset dan asset tersebut dijual kepada perusahaan leasing (lessor), kemudian lessor dengan lessee melakukan kontrak sewa guna usaha (leasing) dengan kontrak objek yang sama. Berikut ini adalah ciri - ciri sistem penyewaan financial atau sewa beli:
- penyewa sebagai pemilik objek leasing.
- Penyewa berkewajiban membayar kepada lessor secara berkala sesuai dengan jumlah dan jangka waktu yang disetujui. Jumlah yang dibayar (lessee payment) terdiri dari biaya (angsuran) objek leasing ditambah dengan biaya-biaya lain.
- Selama periode kontrak tidak dapat dibatalkan (non-cancellable) secara sepihak.
- Penyewa mempunyai opsi untuk membeli objek leasing sesuai dengan nilai residu yang disepakati pada akhir periode leasing.
- Resiko ekonomis dan biaya pemeliharaan ditanggung penyewa.
- Lessor mengharapkan dapat menerima kembali seluruh harga barang modal yang disewakan termasuk biaya-biaya lainnya (bunga, pajak, asuransi, biaya pemeliharaan, dll).

Kelebihan dan kekurangan leasing sebagai salah satu alternatif lembaga pembiayaan yang dipilih oleh perusahaan adalah sebagai berikut:
• Kelebihan Leasing :
- Pembiayaan penuh : Transaksi leasing sering dilakukan tanpa uang muka dan pembiayaannya dapat diberikan hingga 100%.
- Lebih flexible : Leasing dikatakan lebih flexible dibandingkan dengan pembiayaan perbankan karena pembayaran sewanya bisa diatur, disesuaikan dengan kemampuan lessee.
- Off Balance Sheet : Jenis aktiva yang termasuk dalam kategori leasing tidak tercantum dalam kekayaan perusahaan.
- Pertimbangan akibat kemajuan teknologi : Artinya perusahaan – perusahaan tidak terhindar dari kerugian akibat perkembangan teknologi yang demikian cepat.
- Meningkatkan Debt Capacity : Yaitu kapasitas hutangnya meningkat.

• Kelemahan Leasing:
- Force Majeur adalah terputusnya transaksi leasing, seperti misalnya karena kebakaran, bencana alam dan lain-lain.
- Default adalah terputusnya transaksi leasing karena lesee tidak dapat memenuhi pembayaran lease payment serta kewajiban lainnya sehingga kontrak finance lease berakhir lebih cepat.
- Sebab ekonomis, maksudnya adalah apabila lessee mengakhiri masa lease sebelum waktunya karena pertimbangan ekonomis semata dengan membayar sekaligus kewajiban yang tersisa.

Jenis barang modal yang sering dijadikan objek leasing adalah kendaraan baik mobil, motor, pesawat terbang, traktor, mesin-mesin yang digunakan untuk suatu proyek bangunan termasuk jalan, mesin fotocopy, kapal, kontraktor, dll dengan harga yang relatif besar.

Kesimpulan
perkembangan ekonomi yang semakin pesat pada dewasa ini menuntut setiap badan usaha yang bergerak dalam sektor perekonomian untuk dapat mengantisipasi semua perubahan yang banyak terjadi. Dan salah satu kendala yang mungkin terjadi pada perusahaan yang akan melakukan pengembangan usahanya adalah saat perusahaan tersebut memerlukan tambahan investasi baru.
Dalam keadaan realnya, perusahaan sebenarnya mempunyai beberapa alternatif pilihan yang biasa digunakan, antara lain adalah sebagai berikut:
• Membeli dengan dana yang tersedia (modal sendiri).
• Membeli dengan fasilitas kredit bank.
• Membiayai dengan cara leasing.

Namun dari ketiga alternatif tersebut leasing dianggap sebagai salah satu metode pembiayaan yang paling ideal bagi perusahaan untuk mengembangkan usaha mereka. Baik dari segi persaingan maupun kebutuhan akan investasi akan barang modal.

Pada kenyataannya, dalam transaksi lease tidak semua berakhir dengan kesepakatan, seperti dijelaskan bahwa terminasi atau pemutusan atas transaksi leasing tersebut atau lessor harus dibukukan baik keuntungan maupun kerugian yang terjadi akibat adanya penjualan tersebut dimuka.
PT. Federal International Finance merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia. Pada PT. Federal International Finance ini juga terdapat beberapa kasus terminasi dimana yang paling sering terjadi adalah kasus terminasi yang disebabkan oleh sebab ekonomis dimana kebanyakan dari para konsumen mengakhiri masa lease sebelum pada waktunya dengan cara membayar sekaligus kewajiban yang tersisa.

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

Dari akar kata “pimpin” kita mengenal kata “pemimpin” dan “kepemimpinan”.
Dalam Ensiklopedi Umum, halaman 549 kata “kepemimpinan” ditafsirkan
sebagai hubungan yang erat antara seorang dan sekelompok manusia
karena adanya kepentingan bersama; hubungan Itu ditandai oleh tingkah
laku yang tertuju dan terbimbing dari manusla yang seorang itu. Manusia
atau orang ini biasanya disebut yang memimpin atau pemimpin, sedangkan
kelompok manusia yang mengikutinya disebut yang dipimpin.

Dalam Webster’s New World Dictionary of the American Language/ kata
leadership adalah the position or guidance of a leader atau “the ability
to lead”, dan kata leader adalah “a person or thing that leades;
directing, commanding, or guiding head, as a group or activity”.

Dalam buku psikologi antara lain dikatakan bahwa “leadership is a relation of
an individual to a group, established in the interests of achieving ,some end”.
Bayangkan bahwa jumlah kelompok itu banyak, begitu juga jumlah tujuan itu
banyak dan cara mencapainya pula. Dalam buku Foundations of Psychology
itu dinyatakan bahwa seorang pem.impin yang sukses tergantung dua
syarat dalam garis besarnya.

Pertama, bahwa pemimpin itu “must share the values, attitudes and
interests of the group. This psychological similarity is necessary for
the identification of the followers with the leaders”.

Syarat kedua, adalah bahwa kualitas pemimpin itu lebih tinggi dari para
pengikutnya, akan tetapi tetap bersifat komunikatif dengan yang
dipimpinnya.

Mengingat masalah kepemimpinan adalah masalah yang sudah tua
umurnya, maka wajarlah kalau terdapat sejumlah tokoh ilmu perigetahuan
yang raendalaminya. Juga di Indonesia hal ini berkembang relatif pesat,
apalagi setelah kita memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17
Agustus 1945. Sejak itu perhatian kita sebagai bangsa relatif besar dalam
hal ini, balk secara teoritis maupun secara praktis.

Para penulis buku kepemimpinan di Indonesia, antara lain seperti Drs.
Wahyo Sumidjo, Prof. Pamudji, Ir. Suyamto, dan Iain-lain, dalam gar is
besarnya membahas tentang definisi kepemimpinan. Mereka telah mengutip
dan atau menterjemahkan hasil rumusan para tokoh senior asing dalam hal
ini, misalnya seperti:

1) Ralph Mtogdill (1950)
Leadership is a process of ipfluencing the activities of an organized group in
its task of goal setting and goal achievement”.

2) Fred E, Fiedler (1967)
“Leadership is the process of influencing group activities toward goal setting

and goal achievement”. *

3) Martin J. Gannon (1982)
“Leadership is the ability of a superior to influence the behavior of
subordinates; one of the behavioral in organization”.
4) Paul Hersey, Kenneth H. Blanchard (1982)
Leadership is the process of influacing the activities of an individual or a
group in efforts toward goal achievement in a given situation”.

5) George R. Terry (1972)
“Leadership is the relationship in which one person, or the leader, influences
others to work together willingly on related tasks to attain that which the
leader desires”.

6)Robert Tennenbaum, Irving R. Weschler dan Fred Massarik (1961). “We
define leadership as interpersonal influence, exercise in situation and
directed through the communication process, toward the attainment of a
specific goal or goals”.

7)Richard N. Osborn, James G. Hunt dan Lawrence R Jauch (1980)
- “Leadership – all ways in which one person exert influence over others”.

8) R.D. Agarwal (1982)
“Leadership is the art of influencing others to direct their will, abilities and
efforts to the achievement of leader’s goals. In the context of organization,
leadership lies in influencing individual and group effort toward the optimum
achievement of organizational objectives”.

9) Harold Korntz & Cirill O’Donnell (1976)
“Leaderships in the art of inducing subordinates to accomplish their
assignment with zeal and confidence”.

Dari definisi-definisi tersebut, tampak bahwa perumusan tentang
kepemimpinan bertitik tolak pada tiga hal.

Pertama, ada yang memberikan penekanan pada kepribadian, kemampuan
dan kesanggupan pemimpin.

Kedua, ada yang memberikan penekanan kegiatan, kedudukan dan perilaku
pemimpin.

Ketiga, Mda yang memberikan penekanan kepada proses interaksi antara
pemimpin, bawahan dalam situasi tertentu.

Leadership dan Headship
Pada umumnya kata leadership diterjemahkan sebagai Kepemimpinan,
tetapi headship sebaiknya diterjemahkan sebagai apa? Leadership dapat
ditafsirkan dalam dua pengertian.

Pertama, meliputi pengertian headship dan
kedua, leadership ditafsirkan berbeda dengan headship.

Bass misalnya mendefinisikan leadership dalam arti luas, dalam arti meliputi
banyak cara yang dilakukan oleh leaders dan heads serta berbagai sumber
yang digunakan untuk mengungkapkan kekuasaannya. Akan dapat
puladidef.inisikan secara lebih sempit, seperti misalnya yang dilakukan oleh
C.A Gibb (1969), yang membedakan antara leadership dengan headship
sebagai berikut:
1. Headship diselenggarakan melalui suatu sistem yang diorganisasikan
dan tidak berdasarkan pengakuan spontan para anggotanya.
2. Tujuan kelompok dipilih oleh kepala (head person) sesuai dengan minat
dan tidak ditentukan oleh kelompok itu sendiri secara internal.
3. Dalam headship/ hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali
tindakan bersama dalam mencapai tujuan.
4. Dalam headship, ada jurang sosial yang lebar antara anggota-anggota
kelompok dan kepala (the head), yang mengusahakan agar ada jarak
sosial ini, sebagai suatu alat bantu untuk memaksa kelompoknya.
5. Kewibawaan seorang pemimpin (leader) secara spontan diakui oleh para
anggota kelompok yang bersangkutan dan terutama oleh para
pengikutnya.

Sedangkan kewibawaan seorang kepala (the head) timbul karena adanya
kekuasaan dari luar kelompok yang mendukung seseorang itu terhadap
kelompok yang bersangkutan, yang tidak dapat disebut sebagai para
pengikut sesungguhnya. Mereka menerima dominasi kepalanya (headship)
dalam hal penderitaan suatu hukuman (punishment) daripada upaya
pengikutnya dalam arti menginginkan hadiah (reward).

Kochan, Schmidt dan de Cotties (1975), menurut Bass, setuju dengan
pendapat Gibb karena mereka melihat bahwa para manajer, para pemimpin
pelaksana, para pejabat dan Iain-lain dalam kenyataannya lebih banyak
melakukan berbagai hal, lebih dari sekedar hanya memimpin saja.

Kita tak dapat menafsirkan begitu saja bahwa, misalnya seseorang yang
mengikuti semua tatacara seremonial dalam anggota. Akan tetapi menurut
definisi yang lebih luas, bagi Bass (1960) pimpinan/seorang kepala (head)
adalah merupakan konsekuensi dari kedudukan (status) mereka, jadi
merupakan suatu kekuasaan dari jabatan yang dipegangnya. Tanpa
kedudukan semacam itu, para pemimpin (leader) masih dapat mencapai
tujuan, apabila kekuasaannya itu betul-betul sesuai dengan nilai-nilai yang
dianut oleh kelompok yang dipimpinnya.

Baik kedudukan (status) maupun penghormatan (esteem) tak dapat
ditafsirkan. secara kaku. Dalam setiap kelompok akan berbeda. Itulah
sebabnya kepemimpinan (leadership) pada hakikat dapat dibagikan kepada
para anggotanya dalam derajat tertentu dan dalam situasi yang sama. Istilah
kepala, ketua, direktur, menteri, presiden dan lain-lainnya, pada umumnya
berkaitan dengan pengertian kekepalaan (headship).

Pengertian kekepalaan mempunyai konotasi adanya kedudukan dalam
hirarkhi organisasi, yang di dalamnya terkandung tugas, wewenang dan
tanggung jawab yang telah ditentukan secara formal. Kekepalaan berkaitan
dengan wewenang sah berdasarkan ketentuan formal, untuk membawahi
dan memberi perintah-perintah kepada kelompok orang-orang “bawahan”
tertentu dan dalam bidang masalah tertentu pula. Seorang kepala unit belum
tentu dapat menjadi leader.

Demikian pula seorang leader belum tentu mempunyai kedudukan sebagai
kepala. Seorang yang tidak mempunyai pengaruh dapat saja menjadi
seorang kepala instansi, dan ia baru menjadi seorang leader kalau ia
mampu mempengaruhi orang lain.

Oleh karena itu, pimpinan yang mengepalai suatu organisasi atau salah satu
unitnya harus menyadari bahwa kedudukan formal saja belum tentu
merubah perilaku anak buahnya sesuai dengan yang diharapkan agar
memudahkan dan melancarkan pencapaian tujuan organisasinya, atau
mampu menciptakan kerjasama yang baik antara bawahannya.

Dari pengertian tentang kepemimpinan tersebut di atas, jelas bahwa
kepemimpinan itu tidak perlu terkait dengan batasan-batasan dan
ketentuan-ketentuan formal. Maka seseorang yang melaksanakan
kekepalaan mungkin belum dapat disebut sebagai orang pemimpin. la
sekaligus dapat disebut sebagai seorang pemimpin, apabila ia juga mampu
mempengaruhi bawahan sehingga mereka dengan penuh pengertian,
kesadaran dan senang hati bersedia mengikuti dan mentaati kehendak atau
perintah-perintahnya.

Dengan kata lain, membicarakan tentang kepemimpinan, kita akan berbicara
tentang pemimpin, tentang yang dipimpin, tentang interaksi keduanya,
tentang tujuan yang hendak dicapai, tentang situasi, tentang sekelompok
orang yang berada dalam, satu organisasi tertentu.

Ini berarti kita perlu mengetahui secara singkat tentang apa organisasi itu.
Organisasi adalah kelompok kerjasama antara orang-orang, yang diadakan
untuk mencapai tujuan bersaiqa. Di samping tujuan syarat terbentuknya
organisasi juga adanya hubungan, kemauan dan kesesuaian para anggota
untuk bekerja sama.

Bentuk organisasi bisa formal dan informal, begitulah antara lain
pengertiannya secara singkat menurut Ensiklopedi Indonesia, jilid 4. Darwin
Cartwright, merumuskan organisasi sebagai “an arrangement of
interdependen parts, each having a special function with respect to the
whole”.

Studi mengenai organisasi manusia ini juga merupakan studi khusus yang
mendalam dan roeluas, seperti tergambar dalam buku Handbook of
Organizations, dengan editor James G. March yang diuraikan setebal 1247

halaman. Dalam bab 1, Darwin Cartwright, khusus mengupas tentang
“influence leadership control”. la berbicara tentang orang yang
berpengaruh, tentang teknik mempengaruhi dan tentang orang-orang yang
dipengaruhi.

Studi tentang orang yang berpengaruh ini atau the agent exerting influence
Darwin Cartwright menyimpulkan bahwa: “Most theoriets agree/ however,
that a major base of influence is the possession, or control, of valued
resources, provided these can be used to facilitate or kinder the goal
attainment of an other agent”.

Di samping pentingnya sumber tertentu yang dipunyai oleh pemimpin, ia
perlu motivasi untuk menjawab mengapa ia mau dan mampu mempengaruhi
orang-orang lain. Tujuan kelompok itu juga merupakan tujuan pemimpin itu,
tetapi tidak dengan sendirinya, sebaliknya dalam arti tidak semua tujuan
yang akan dicapai pemimpin itu dengan sendirinya adalah juga tujuan
kelompok itu. Ini disebabkan karena kebutuhan, kesempatan, motivasi
tujuan dan harapan pemimpin sebagai pribadi dapat lebih banyak, dan lebih
majemuk dari kelompok yang dipimpinnya pada umumnya.

Mengenai teknik mempengaruhi telah dilakukan berbagai studi, misalnya
Russel (1938), Gilman (1962), Hartanyi (1962). Tentang kelompok yang
dipimpin telah dilakukan berbagai studi pula misalnya oleh: Kahn dan Katz
(1960), Likert (1961), Argyris (1957).

Untuk lebih jelasnya akan dibahas ketiga hal tersebut secara singkat.
Pertama, tentang orang yang berpengaruh dalam organisasi. Banyak teori
yang mengemukakan bahwa dasar sumber daya yang dipunyai seorang
pemimpin itu dapat terdiri atas: “all the resources opportunities, acts, objects,
etc. That he can exploit in order to effect the behavior of another”. Tetapi hal
ini perlu jelas, bahwa tidak semua sumber daya itu dengan sendirinya akan
d.ijadikan sebagai alat kekuasaan. Schulze (1958) menyimpulkan bahwa ”
One should not assume the necessity of any neat, constant, and direct
relationship between power as a potential for determinative action, and
power as determinative action, itself”.

Lippits dan kawan-kawan membedakan .istilah “behavioral contagion”
yaitu tingkah laku meniru secara spontan tanpa ada yang menyuruh
dan istilah “direct influence”, yaitu tingkah laku seseorang yang secara
sadar dan sengaja untuk mempengaruhi kelompok sasarannya agar
mengikuti tingkah lakunya.

Kedua, mengenai teknik mempengaruhi. Russel (1938) dalam menganalisa
kekuasaan dalam masyarakat membedakan tiga cara mempengaruhi orang
lain dengan jalan
(a) secara fisik (by dirrect physical power over his body),
(b) dengan memberi hadiah atau hukuman (by rewards and punishments
employed) dan
(c) dengan mempengaruhi pendapatnya (by influence on opinion)

Minggu, 13 Juni 2010

MANAJEMEN PEMASARAN

Menurut kolter


BAB I
PENGERTIAN, KONSEP, DEFINISI PEMASARAN
DAN MANAJEMEN PEMASARAN
A. Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
B. Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
C. Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
Kesimpulan :
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
BAB II
MACAM-MACAM KONSEP PEMASARAN
I. Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan berbagai cara:
1. Temukan keinginan pasar dan penuhilah.
2. Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
3. Cintailah pelanggan, bukan produk anda.
4. Lakukanlah menurut cara anda (Burger king)
5. Andalah yang menentukan (United Airlines)
6. Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).
Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
1. Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2. Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik
3. Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5. Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6. Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
BAB III
SISTEM PEMASARAN
A. Pengertian Sistem Pemasaran
Sistem adalah sekolompok item atau bagian-bagia yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan terpadu. Jadi dapat diartikan sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya..
Dalam pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan saling berkaitan itu mencakup :
1. Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja pemasaran.
2. Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.
3. Target pasar.
4. Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
5. Kendala lingkungan (environmental constraints).
Sistem pemasaran yang paling sederhana terdiri dari dua unsur yang saling berkaitan, yaitu organisasi pemasaran dan target pasarnmya. Unsur-unsur dalam sebuah sistem pemasaran serupa dengan unsur-unsur yang ada pada sistem radio stereo. Bekerja secara terpisah, tetapi pada waktu dipertemukan secara tepat.
B. Macam – Macam Sistem Pemasaran
a. Sistem pemasaran dengan saluran vertikal
Pada sistem ini produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan.
Tujuan :
Mengendalikan perilaku saluran
Mencegah perselisihan antara anggota saluran
b. Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
Pada sistem ini, ada suatu kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul.
c. Sistem pemasaran dengan saluran ganda
Pada sistem ini beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.
C. Lingkungan Sebuah Sistem Pemasaran
a. Lingkungan makro ekstern.
Lingkungan makro tersebut ialah:
a. Demografi (kependudukan).
b. Kondisi ekonomi.
c. Teknologi.
d. Kekuatan sosial dan budaya.
e. Kekuatan politik dan legal.
f. Persaingan.
b. Lingkungan mikro eksternal
a. Pasar (market)
b. Pemasok
c. Pialang (marketing intermediaries)
c. Lingkungan Non- – Pemasaran Intern
Kekuatan non – pemasaran lainnya adalah lokasi perusahaan, ketangguhan bagian penelitian dan pengembangan. Kekuatan intern bersifat menyatu (interest) dalam organisasi dan dikendalikan oleh manajemen.
BAB IV
STRATEGI PEMASARAN
A. Pengertian Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1. Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
B. Macam-Macam Strategi Pemasaran
macam strategi pemasaran diantaranya:
1. Strategi kebutuhan primer
Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1. Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.
C. Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.
1. Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar
Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
1. Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
a. Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
b. Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll
c. Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
d. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
2. Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri
a. Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
b. Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
2. Syarat segmentasi Pasar
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :
a. Dapat diukur
b.Dapat dicapai
c. Cukup besar atau cukup menguntungkan
d.Dapat dibedakan
e. Dapat dilaksanakan
3. Tingkat Segmentasi Pasar
Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
a. Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
b. Pemasaran segmen
Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
c. Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.
d. Pemasaran mikro
Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
4. Manfaat Segmentasi Pasar
Sedangakan manfaat dari segmentasi pasar adalah:
a. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.
b. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
c. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
D. Menentukan Pasar Sasaran
Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :
1. Langkah pertama
Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada
2. Langkah kedua
Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.
BAB V
PERILAKU KONSUMEN
A. Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan individu yang melibatkan pembelian penggunaan barang dan jasa termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut sebagai pengalaman dengan produk, pelayanan dari sumber lainnya.
B. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah :
1. Faktor kebudayaan
Faktor kebudayaan meliputi :
a. Budaya : faktor-faktor budaya memberikan pengaruhnya paling luas pada keinginan dan perilaku konsumen. Budaya (culture) adalah penyebab paling mendasar teori keinginan dan perilaku seseorang.
b. Subbudaya : setiap kebudayaan mengandung sub kebudayaan yang lebih kecil, atau sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang sama. Sub kebudayaan meliputi: kewarganegaraan, agama, ras, dan daerah gegrafis.
c. Kelas sosial : hampir setiap masyarakat memiliki beberapa bentuk struktur kelas sosial. Kelas-kelas sosial adalah bagian-bagian masyarakat yang relatif permanen dan tersusun rapi yang anggota-anggotanya mempunyai nilai-nilai, kepentingan dan perilaku yang sama.
Perilaku konsumen juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga serta aturan dan status sosial konsumen. Disini keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat. Keputusan orang ingin membeli juga dipenggaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomui, gaya hidup dan kepribadian serta konsep diri.
Selain dari beberapa faktor diatas yang mempengaruhi perilaku konsumen juga dipengaruhi juga oleh faktor-faktor psikologis seseorang, yang meliputi motivasi, persepsi, pengetahuan dan keyakinan serta sikap.
C. Proses Pengambilan Keputusan Pembeli
a. Proses Pengambilan Keputusan Pembeli Terhadap produk Baru
Sebuah produk baru adalah barang, jasa, atau ide yang dianggap baru oleh pembeli potensial. Terkadang produk yang beredar dipasaran telah lama ada, disini konsumen dapat membuat keputusan untuk menerima / mengadopsinya. Proses adopsi adalah proses mental yang dilalui seseorang, mulai dari pengenalan pertama sampai pada penerimaan / adopsi final.
Tahap-tahap proses adopsi:
1. Sadar : konsumen menjadi sadar akan adanya produk baru, tetapi kekurangan informasi mengenainya.
2. Tertarik : konsumen akan menjadoi tertarik untuk mencari informasi mengenai produk baru.
3. Evalusi : konsumen harus mempertimbangkan apakah produk baru tersebut masuk akal atau tidak untuk dikonsumsi.
4. Mencoba : konsumen mencoba produk baru tersebut dalam skala kecil untuk meningkatkan perkiraan nilai produk tersebut.
5. Adopsi : konsumen memutuskan secara penuh dan teratur menggunakan produk baru tersebut.
b. Tipe-Tipe Perilaku Membeli
Ada empat tipe perilaku membeli, yaitu :
a. Perilaku pembelian yang kompleks
Disini konsumen mengakui keterikatan yang tinggi dalam proses pembeliannya, harga produk tinggi, jarang dibeli, memiliki resiko yang tinggi. Perilaku konsumen melalui proses tiga langkah, yaitu: pertama, mengembangkan keyakinan tentang produk tersebut. Kedua, membangun sikap, dan ketiga melakukan pilihan.
b. Perilaku pembelian yang mengurangi ketidakefisienan
Disini konsumen mengalami keterlibatan tinggi akan tetapi melihat sedikit perbedaan, diantara merek-merek. Konsumen mengunjungi beberapa tempat untuk mencari yang lebih cocok.
a. Perilaku pembelian karena kebiasaan
Disini konsumen rendah sekali dalam proses pembelian karena tidak ada perbedaan nyata diantara berbagai merek dan harga barang relatif rendah
a. Perilaku pembelian yang mencari keragaman
Disini keterlibatan konsumen yang rendah akan dihadapkan pada berbagai pemilihan merek.
c. Tahap-Tahap Proses Membeli
Tahap-tahap dalam proses membeli mwliputi :
a. Pengenalan kebutuhan/masalah
Disini orang yang akan memasarkan produk meneliti mengenai apa yang dibutuhkan, apa yang menyebabkan semua itu muncul dan mengapa seseorang membutuhkan sesuatu. Seorang pemasar akan mengenalkan pada konsumen agar lebih tertarik.
b. Pencarian informasi
Sumber informasi konsumen terbagi dalam empat kelompok, yaitu :
1. Sumber pribadi, meliputi: keluarga, teman-teman, tetangga, dan kenalan.
2. Sumber niaga, meliputi : periklanan, petugas penjualan, penjual kemasan dan pemajangan.
3. Sumber umum, meliputi : media massa dan organisasi konsumen.
4. Sumber pengalaman, meliputi: pernah menangani, menguji, dan mempergunakan produk.
c. Pencarian alternatif
Terdapat lima konsep dasar bagi pemasar dalam penilaian alternatif konsumen, yaitu :
1. Sifat-sifat produk, apa yang menjadi ciri-ciri khusus dan perhatian konsumen terhadap produk atau jasa tersebut.
2. Pemasar lebih memperhatikan pentingnya ciri-ciri produk daripada penonjolan Ciri-ciri produk.
3. Kepercayaan konsumen terhadap ciri merek yang menonjol
4. Fungsi kemanfaatan, yaitu bagaimana konsumen mengharapkan kepuasan yang diperoleh dari produk dengan tingkat alternatif yang berbeda-beda setiap hari
5. Bagaimana prosedur penilaian yang dilakukan konsumen dari sekian banyak ciri-ciri barang.
d. Keputusan membeli
Ada dua faktor yang menyebabkan seseorang mengambil keputusan untuk
membeli, yaitu :
1. Sikap orang lain : keputusan membeli itu banyak dipengaruhi oleh teman-teman, tetangga, atau siapa saja yang dipercayai
2. Faktor-faktor situasi yang tidak terduga : seperti faktor harga pendapatan
DIarsipkan di bawah: Tugas Kuliah

MEMPERBAIKI FD YG RUSAK

MEMPERBAIKI FD YG RUSAK

25.11.2008 by syukhri Category Tips

Bagi anda yang sedang mengalami masalah dengan flashdisk, khususnya kasus flashdisk terdeteksi di Windows namun tidak bisa di format anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk memperbaikinya :

Format flashdisk melalui Linux/LiveCD Linux
(original page: http://linux.or.id/node/2835/)

Langkah yang harus dilakukan:

Booting komputer menggunakan LiveCD Linux, misal Slax KillBill, Knoppix atau distro lainnya,
Setelah login ke sistem, masukkan flashdisk yang bermasalah tadi ke salah satu port USB. Demi keamanan data, pastikan hanya flashdisk yang bermasalah saja yang terpasang,
Pastikan flashdisk anda terdeteksi, atau setidaknya indikator led nyala,
Masuk ke console
Pada console jalankan cfdisk /dev/sda1 (sesuaikan dengan flashdisk ke berapa yang terpasang),
Delete atau hapus partisi pada flashdisk,
Buat partisi baru dengan memilih Create New | Write,
Simpan perubahan yang baru saja anda lakukan,
Format flashdisk dengan cara mengetikan perintah mkfs.vfat-f32 /dev/sda1 di console.
Flashdisk anda telah memiliki partisi baru, sehingga bisa digunakan kembali baik di Linux maupun di Windows.

Format flashdisk Menggunakan USB Disk Storage Format Tool

Di samping cara di atas, anda juga bisa menggunakan tools yang dikeluarkan oleh pihak ketiga. Salah satunya adalah Hewlet Packard (HP). Walaupun tools ini dikeluarkan oleh HP, namun utilisasinya juga bisa digunakan pada flashdisk merek lain.

Berikut langkah-langkah memperbaiki flashdisk yang tidak bisa di format menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool:
Download aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool di sini,
Install aplikasi tersebut, rekomendasi OS yang digunakan adalah Microsoft Windows 2000, Windows 2003 Server dan Novel Netware,
Masukkan flashdisk yang bermasalah ke salah satu port USB. Pastikan flashdisk anda terdeteksi dan memperoleh alokasi drive di Windows,
Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool
Tentukan drive tempat flashdisk terpasang,
Pilih Create New or Replace Existing Configuration untuk membuat partisi baru baru dan menghapus konfigurasi yang ada di flashdisk,
Format flashdisk anda sesuai dengan file sistem yang diinginkan.

Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat

Situs Jual Beli Populer

Best Sponsored

Sponsored by

SMS GRATS

Fans Blogger Unsika

 

followers

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
Ada kesalahan di dalam gadget ini